Dunia kerja

Tata Krama dan Sopan Santun

Dulu waktu kecil orang tua (ayah dan ibu) pasti mengajarkan kita untuk berlaku sopan santun , baik , bertata krama , bagaimana kita berbicara dengan orang yang lebih tua (harus menghormati), bahasanyapun juga beda dengan anak – anak seusianya kalau kita berhadapan dengan orang tua atau yang lebih tua ..

kata orang tua : …..

  • tidak boleh mencuri .. (tidak baik ..dosa)
  • tidak boleh mengumpat .. (jadi anak baik ya)
  • tidak boleh berbicara kasar apalagi sama orang tua ,.. (harus menghormatinya)
  • baik pada teman ,.. (tidak boleh berantem)
  • tidak boleh mengakui barang yang bukan miliknya … (kalau menginginkannya minta ijin .. pinjam sebentar)
  • harus memberikan salam (ketuk pintulah .. tidak boleh langsung masuk alias nylonong boy ..) terlebih dahulu ketika hendak masuk ke rumah orang lain ..
  • meminta ijin terlebih dulu ketika meminta sesuatu atau bukan barang miliknya (jangan asal gratak-gratak*bahasa indonesianya apa yaa ??? * main ambil di kala yang punya tidak ada , karena itu sama saja dengan pencuri)

dll .. dan lain sebagainya… dan lain sebagainya…dan lain sebagainya…dan lain sebagainya…dan lain sebagainya…dan lain sebagainya… (sampai 6x) masih banyak hal yang bisa kita petik dari aturan di dalam rumah atau pelajaran yang bisa kita ambil buat bekal ketika kita sudah dewasa (ya seperti sekarang ini ..) karena kita tidak tahu , kita bekerja dimana , tinggal di mana ,bersama siapa ? Karakter orangnya seperti apa …?

Tapi kenapa yaa … ??? * tanda tanyaaa …………… ? achhh curcol

karena ini lokasi pekerjaan pastinya setiap karyawan mempunyai hak dan tanggung jawab sendiri – sendiri dengan pekerjaannya (pekerjaan yang sudah di berikan dari pihak perusahaan untuk kita kerjakan , ), tapi ada saja yang hobby dengan membuka – buka dengan alasan * saya membutuhkan ini ..* (di mana tata kramamu ……….) kalau sekali dua kali sih.. ok lah.. mungkin karena mendesak.. tapi sudah sering terjadi .. * nah lhoo perlu di pertanyakan maksud dan tujuann….

  • dan aku rasa gak sopan juga kali .. membuka – buka lemari pekerjaan orang lain  .. *apapun itu alasannya , kalau mau membutuhkan sesuatu , tunggu orangnya ada , kan lebih baik ..
  • kalau ada kehilangan *tentunya dengan urusan perjaan .. mau menyalahkan siapa ..?? kalau misal kita sedang sibuk mencari, terus si pengambil itu langsung sadar dan mengakui sih gpp .. kalau engga! kan repott ..
  • kalau ketahuan , tapi kalau tidak.. *mau menyalahkan siapa …? gak sopan
  • flashback* tempo hari kehilangan sesuatu di lemari yang sama ..(lemari kerja pastinya ) * sudah kalang kabut mencari ke sana kemari .. ee ternyata ,… o iya ada di tempat saya .. HAAAA !! lupa belum bilang.. apa itu di sebut punya tata krama ,, mengambil sesuatu dari tempat orang lain .. secara diam-diam ………???? dulu juga pernah ada teman kasih tahu .. itu si xxx (nama di sensor aja) .. ambil apa tuh dari tempatmu ..Gak punya etikaa .. ya ampunnn .. klo aku ada kehilangan (yang berhubungan dengan kerjaan) wajar gak sih.. klo mencurigainya …?? Ahhh pusingggggg ………… ngekor bahasa iklan di tipi …..cape dech , ..masalah buat lho .. (buat gwe masalah lah) terus,.. gwe musti koprol sambil bilang woow gitu … ssstt dechh… (ya begitulah kita bergaul,berteman dengan orang yang beda karakter .. harus bener2 ngerti .. ngerti perasaanya , bagaimana dia , seperti apakah dia ..* yuahh cucok rumpi dech ..) 

maaf muka saya lagi di amplas jadi.. jalannnya menunduk .. (hormat , marah , sebel atau apa)

ada seorang teman bertanya * ya intinya sih curhat alias bercerita ……….

  • teman “ bagaimana ya menghadapi teman sekantor yang super sensitif ..? rasanya serba salah dech , ngomong begini salah , ngomong begitu juga katanya marah , diam juga kok berubah , di kasih tahu juga , katanya marah – marah mulu , bener dech serba salah .. lagian kan kita orang kerja juga bukan anak kecil ,anak abg … sudah sama-sama dewasa .. wajar kan klo ada konflik ..namanya juga dunia pekerjaan gak selalu mulus ? cape dech harus berusaha untuk bisa  menjaga perasaan orang mulu (perasaanku bagimana).. sudah berusaha ngomong sebaik mungkin juga tetep saja .. salah n di salahkan ..? ya kata yg lainnya juga begitu .. anaknya agak sensi , hati-hati aja kalau ngomong … *begitulah …….... cape dech .. , kalau lagi keluar sensinya .. bisa2 gak mau ngomong sama sekali , di tanya aja cuman jawab thok *dan tak ada kata2 lain.. klo bertemu juga .. menundukan kepala seperti orang sedang mengheningkan cipta .. *ssst dech terlalu , padahal kalau di pikir-pikir tuh orang sensi banyak sekali melakukan kesalahan .. tapi ya tidak masalah , tidak di ambil pusing namanya juga kerjaan ada aja kann .. kesalahan wajar2 saja .. yang penting bagaimana kita bisa memberbaiki .. tapi ya itu.. rasanya tuh orang sensi tak pandai untuk menggali dan berintrospeksi , dia hanya pinter menggali kesalahan orang lain ..Sekian teman ….
  • kataku “ hmmm .. bingung juga sih ? kok jadi kayak judul lagi “ begini salah , begitu salah” ngomong-ngomong itu cerita apa novel kok panjang nian .. ……… hehe just kidding ,.. cuman guy on .. gemana ya ? … bingung nech mau kasih saran apakah gerangan … yoo wislah gak usah di pikirkan ,di bawa santai saja .. hidup ini sudah rumit jangan di bawa rumit lagi dengan hal-hal yang gak perlu , kata pepatah *tidak ada manusia yang sempurna* .. janalin saja ….
  • teman “ iya juga sihh … sampai sekarang aja masih saja berlanjut , gak mau ngomong ya sudahlahlah .. klo ada sesuatu palingan tak tanya via  email .. hehe dari pada bermasalah ..
  • kataku “ tapi ada ya.. orang begitu .. ya sutralah .. lebih baik akhir pekan ke pantai yuuuk ……..

Ahhh begitulah dunia pertemanan .. pekerjaan , yang penuh dengan orang-orang yang beda karakter , mungkin kita harus pintar untuk pandai-pandai membawa diri kali yaa ..

sekian coretan hari ini ……….

4 thoughts on “Dunia kerja

  1. Setujuhhhhh …..
    (ya begitulah kita bergaul,berteman dengan orang yang beda karakter .. harus bener2 ngerti .. ngerti perasaanya , bagaimana dia , seperti apakah dia ..* yuahh cucok rumpi dech ..)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s